Pelatihan Guru Sekolah Minggu di HKI Pematangsiantar


Peserta, Panitia, Nara Sumber dan Tim Fasilitator
Pada bulan Maret yang lalu, saya mendapat telpon dari seorang teman guru sekolah minggu dulu ketika di POUK Townsite 1 PT. RAPP. Di tengah kebisingan acara Pekan Raya Sumatera Utara 2016, saya masih dapat mendengar apa yang disampaikan dan juga menangkap semangat yang menggebu-gebu dari teman saya tersebut. Pendeta Manik yang pernah bertugas di POUK Townsite 1 PT. RAPP ingin mengadakan pelatihan guru sekolah minggu di gereja tempat beliau melayani saat ini, yaitu HKI Siantar. Dan meminta  kami, guru-guru sekolah minggu POUK Townsite 1 PT. RAPP , baik yang masih melayani disana maupun yang sudah pindah ke daerah lain memberikan pelatihan tersebut.

Tentu saya menyambut dengan semangat dan siap membantu kegiatan ini. Ketika saya sampaikan ke suami, diapun bersemangat untuk terlibat. Tidak berapa lama dibentuklah tim yang terdiri dari beberapa guru sekolah minggu POUK Townsite 1 PT. RAPP yang masih aktif maupun yang sudah pindah ke daerah lain. Guru sekolah minggu yang aktif tentunya berada di Pangkalan Kerinci,  sedangkan guru sekolah minggu yang sudah pindah tersebar di berbagai kota, kami di Medan, Ketua yaitu Kak M di Palembang, Kak B dan Kak Y di Jakarta, nara sumber yaitu kak A dan Kak V juga di Jakarta. Tapi jarak jauh tidak jadi penghalang untuk melaksanakan suatu kegiatan, karena saat ini teknologi sudah dapat menyatukan yang jauh. Whatsapp grouplah yang menjadi media kami berkomunikasi.

Empat bulanpun berlalu dengan cepatnya, tidak terasa sudah mendekati hari H. Persiapannya tidaklah terlalu banyak, pembagian tugaspun sangat jelas. Ada yang bertugas mencetak kaos, menyusun handbook, memilih lagu-lagu, menghimpun dana, dan sebagainya. Sedangkan untuk mengimpun peserta pelatihan, penginapan dan konsumsi peserta, juga tempat pelatihan sepenuhnya tanggung jawab Amang Pendeta Manik. Tapi kak M terus melakukan komunikasi dengan beliau untuk memastikan bahwa segala sesuatunya berjalan dengan baik.

Hari H pun tiba, Jumat, tanggal 8 Juli 2016. Kami dari berbagai penjuru datang berkumpul di rumah Amang Pendeta Manik. Pelatihan hari pertama direncanakan mulai Pukul 15.00. Tapi karena beberapa peserta dan Sekjen HKI yang akan membuka kegiatan ini datang terlambat maka acara mundur sekitar pukul 16.30. Hari pertama diisi dengan; Ibadah Pembuka, Kata-kata sambutan, Materi 1 Pentingnya Pelayanan Anak dan Tantangan Anak Saat ini, Materi 2 Konsep Pelayanan Anak, dan yang terakhir Dedication Service (Menantang peserta agar memberikan pelayanan yang terbaik sebagai guru sekolah minggu.

Selanjutnya pada hari kedua ; Materi 3 Psikologi Anak, Materi 4 Gerak dan Lagu, dan yang terakhir Materi 5 Tehnik Bercerita dan Mengajar Kreatif. Melalui materi-materi yang disampaikan pada hari pertama dan kedua, diharapkan para peserta memahami bagaimana pelayanan anak dan guru sekolah minggu yang diinginkan oleh Allah lalu mengerti bagaimana menjalankan tugas sebagai guru sekolah minggu.
Diakhir acara, kami meminta para peserta mengumpulkan kesan dan pesan mereka. Secara umum, mereka senang dengan pelatihan ini dan berharap boleh diadakan secara rutin. Pada umumnya memang mereka belum pernah mengikuti pelatihan guru sekolah minggu.

Ini jugalah yang menjadi harapan kami, agar gereja-gereja menaruh perhatian pada pelayanan anak. Kami bersyukur dengan kegerakan di Gereja HKI Siantar yang diprakarsai oleh Amang Pendeta Manik. Kiranya hal ini juga boleh diikuti gereja-gereja lainnya.

Gedung Pelatihan bertempat di HKI Pusat, Jl. Melanthon Siregar Pematangsiantar
Sesi Materi oleh Kak V
Malam Dedication Service
Belajar Gerak dan Lagu, yang ini sedang belajar lagu Happy Ya Ya
Wajah-wajah kelelahan setelah pelatihan, tapi tetap semangat makan di Rumah Makan Sehat Pematang Siantar



Sesi Ibadah Sekolah Minggu 
HKI Pusat, Jalan Melanthon Siregar, Pematangsiantar
Pelatihan Guru Sekolah Minggu, 8-9 Juli 2016
KKR Sekolah Minggu, 10 Juli 2016
Photos credit : Kak Bosman Simanjuntak

Comments

Popular posts from this blog

Belajar Akademis ala Charlotte Mason